Senang berhasil membuat obyek 3D dari nihil dengan tool ‘sandbox’nya Google SketchUp, [From Scratch]. Jadi tahu bentuk atau kontur medan (terrain) di bumi kita cuma lembah dan gunung saja! Satu tool ‘sandbox’ membuat obyek 3D lainnya adalah melalui kontur, [From Contour].
Artinya, kontur disiapkan dulu sebelum bisa dibuat medan (terrain) 3D-nya.
Artinya, kontur disiapkan dulu sebelum bisa dibuat medan (terrain) 3D-nya.
Medan 3D dari gambar peta topografi
Kontur sudah ada seperti contoh peta topografi di samping. Peta sesungguhnya jauh lebih rumit dan detil dari itu. Setiap garis melingkar adalah kedudukan titik-titik lokasi berketinggian sama, dengan beda tinggi antar garis sama dan tertentu.
Buat garis kontur — peta ini masih 2D dan garis ketinggiannya hanya berupa tulisan saja. Terpaksa kita membuat garis konturnya di ‘GSUp’ (Google SketchUp). Panggil berkas [File] – [Impor]. Sip, muncul.
Buat semua garis melingkar mengikuti kontur peta. Gunakan kombinasi [L] (‘Line’, pensil] dan [A] (‘Arc’, busur]. Sabar, makan waktu. Akhirnya jadi juga, masih datar.
Bentuk permukaan kontur — Setiap bidang kontur ditinggikan dengan [P] ‘Push/Pull’.
Mulai dengan bidang paling luar, tarik, ketikkan ketinggian – [Enter]. Bidang berikutnya, ‘klik-klik’. Naik otomatis 2 kali! Bidang berikutnya, ‘klik-klilk-klik’. Dan seterusnya. Selesai. Cepat sekali. Medan tampak seperti tangga atau jenjang.
Cara lain membentuk medan adalah mengatur ketinggian garis kontur atau garis lingkarnya. Hapus bidang dan garis yang tidak perlu di medan ‘jenjang’ tadi. Atau, dari gambar kontur datar di awal garis lingkar masing-masing di’grup’ dan tarik ke atas hingga mencapai ketinggian yang sesuai: [M] – klik tombol [Panah Atas] – gerakkan mouse, ketikkan ketinggian – [Enter].
Belum jadi medan atau ‘terrain’.
Membentuk ‘terrain’ — blok seluruh garis lingkar, klik [From Contours] di ‘sandbox’. Haluskan permukaan, [Window] – [Soften Edges]. Horee… medan kita jadi.
Boleh diberi warna, padamkan semua submenu di [View] – [Edge Style]. Tinggal medan atau ‘terrain’ kita. Mulus, halus.
Konten — ramaikan medan, masih punya ‘rumah’ dan ‘pohon’? Bisa ditaruh langsung di atas ‘bukit’ dengan [M]. Atau, buat ‘scene’ tata letak rumah dan pohon, taruh di atas medan seperti posting lalu, kemudian letakkan di ‘bukit’ dengan [Stamp] dan [Drape].
‘Kok, tidak bisa ya, medan berubah liar dan susah dikendalikan. Tetapi dengan ‘Drop’ oke!*
Asyik, rumah dan pohon berhasil di’drop’ ke atas puncak bukit.
* Belum ketemu forum atau artikel membahas cara meletakkan obyek di atas medan 3D yang diperoleh melalui kontur. Nanti di’update’ kalau ketemu.
* Belum ketemu forum atau artikel membahas cara meletakkan obyek di atas medan 3D yang diperoleh melalui kontur. Nanti di’update’ kalau ketemu.
sumber : http://rioseto.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar